A. MENGENAL APA ITU JAKET ?

Jaket merupakan baju luar yang panjangnya hingga pinggang atau pinggul yang digunakan untuk menahan angin dan cuaca dingin. Bukaan jaket terletak di bagian depan dari leher ke bawah. Ritsleting, kancing, atau sabuk dipakai sebagai alat untuk membuka dan menutup bukaan jaket. Berbeda dari kemeja atau blus yang dibuat dari kain tipis, jaket dibuat dari kain tebal dan sering diberi kain pelapis dan bahan penghangat di bagian dalam seperti bulu-bulu harus burung atau bulu angsa. Penggunaan jaket tidak dipakai langsung bersentuhan dengan kulit. Oleh karena itu, jaket tidak perlu sering dicuci. Karena, sebagian jaket juga dibuat dari bahan yang tidak dapat dicuci.

Jaket dibuat disesuaikan dengan fungsinya, mengingat kebutuhan manusia yang semakin banyak dan tidak menutup kemukinan mulai berinovasi untuk menciptakannya. Jenis dan bahannya pun berbeda-beda ada yang terbuat dari kulit binatang, bulu, kain, kanvas dan lain sebagainya. Bahan jaket merupakan salah satu hal yang paling penting dalam pembuatan jaket, karena dapat menentukan kualitas jaket yang akan diproduksi.

Model jaket yang dibuat pun bermacam macam. Mulai dari jaket olahraga, jaket kasual, jaket formal, jaket motor, jaket gunung dan masih banyak lagi.

B. KONVEKSI PEMBUATAN JAKET

Header jasa konveksi bandung

Banyak nya fungsi dan kegunaan jaket menjadikan jaket sebagai salah satu hal wajib dimiliki setiap orang. Apalagi saat ini banyak organisasi atau komunitas yang menjadikan jaket sebagai jaket seragam mereka. Kini pembuatan jaket pun dapat dilakukan dengan mudah. Yaitu dengan meminta bantuan jasa produksi jaket. Salah satu jasa usaha produksi jaket adalah konveksi.

Konveksi adalah usaha dibidang jasa pembuatan pakaian jadi. Salah satu konveksi yang dapat memproduksikan jaket adalah Konveksi Bandung Jaya. Konveksi Bandung Jaya telah banyak memiliki pengalaman dala membantu komunitas, organisasi atau lain sebagainya dalam membuat jaket.

Desain dan pemilihan bahan kainnya pun dapat ditentukan oleh konsumen. Pastinya kain yang digunakan pun berkualitas sehingga menghasilkan jaket yang berkualitas juga. Dijahit dengan penjahit yang ahli dan profesinal sehingga menghasilkan jahitan yang rapi.

C. TAHAPAN DALAM MEMBUAT JAKETĀ 

Dalam membuat jaket yang bagus diperlukan beberapa tahapan yang penting. Diantaranya:

1. Pembuatan desain

Pembuatan desain adalah proses pertama yang harus dilalui ketika membuat jaket. Biasanya konsumen yang akan membuat jaket memberikan desain yang diinginkannya kepada pihak konveksi. Pihak konveksi akan melihat desain yang diinginkan oleh pelanggan mungkin atau tidaknya untuk direalisasikan. Biasanya meliputi warna jaket, bahan jaket, detail jahitan, pemilihan media desain (sablon atau bordir) dan detail ukuran serta jumlah jaket yang akan di buat.

2. pembelian bahan jaket

Setelah desain dibuat biasanya pelanggan harus menentukan bahan kain apa yang akan digunakan dalam membuat jaket. Beberapa pilihan bahan kain yang biasanya digunakan untuk membuat jaket adalah kain adidas, polyester, drill, kanvas, fleece, cotton, diadora, lotto, tweece, ribstock, parasit, dan kulit sintetis untuk pembuatan jaket motor. Bahan yang digunakan disesuaikan dengan bahan jaket yang diinginkan dengan permintaan pelanggan, dan juga disesuaikan dengan kegunaan jaket tersebut, akan digunakan sebagai jaket lapangan, jaket himpunan, atau jaket resmi.

3. Pemotongan bahan

Setelah bahan dibeli, selanjutnya bahan jaket dipotong sesuai pola, ukuran dan desain. Pemotongan harus dilakukan secara hati-hati karena hasil pemotongan sangat mempengaruhi kerapian dari jaket tersebut. Hasil potongan jaket yang bagus akan menghasilkan jaket yang berkualitas tinggi.

4. Sablon dan bordir

Biasanya pemesan jaket menggunakan media desain sablon dan bordir atau kombinasi dari keduanya. Bordir yang gunakan adalah bordir komputer yang akan menghasilkan bordiran yang berkualitas. Adapun jenis sablonan bermacam macam, bisa menggunakan rubber, plastisol, superwhite, flocking dan lain-lain.

5. Proses penjahitan jaket

Tahapan selanjutnya yaitu proses penjahitan jaket. Setelah pola jaket selesai di bordir, jaket pun siap untuk di jahit.

6. Packaging

Setelah jaket selesai dijahit dan sudah jadi, proses selanjutnya adalah proses packaging. Proses packaging jaket ini meliputi pembersihan sisa benang, perapian hasil bordir, pelipatan, steam (apabila customer meminta jaketnya di steam), packaging ke dalam plastik, dan quality control mengenai jumlah ukuran dan jumlah pemesanan.

7. Pengiriman jaket

Setelah jaket selesai di packing, jaket siap untuk dikirimkan kepada konsumen yang melakukan pesanan. Di Konveksi Bandung Jaya melayani pesanan seluruh indonesia. Jadi dari kota manapun kami siap untuk melayani produksi pakaian, baik itu jaket ataupun yang lainnya.